10 Cara Menjaga Kesehatan


Apa yang dimaksud dengan sehat?
Sehat ialah salah satu anugerah dari Allah yang berupa fisik,maupun non fisik


10 Cara Menjaga Kesehatan




Apa makna kesehatan !
"Makna kesehatan ialah dengan kita hidup sehat cukup besar mamfaat bagi kita dan bagi orang lain".


Bagaimana Cara Menjaga Hidup Sehat?

1. Olahraga rutin


Banyak yang menganggap olah raga itu melelahkan dan membuat tubuh jadi lelah, misalnya olah raga berlari pada pagi hari. Padahal aktifitas olah raga tidak harus dilakukan dengan cara aktifitas yang melelehkan, apa lagi jika Anda termasuk orang yang jarang olah raga.

Anda bisa melakukan tips menjaga kesehatan dengan gerakan ringan di pagi hari, senam atau jalan santai di pagi hari. 1000 langkah setiap hari sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Cara menjaga kesehatan dengan olah raga rutin bisa membantu membakar kalori dan lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, jika Anda rutin olah raga juga akan memiliki tubuh yang ideal karena timbunan lemak dalam tubuh bisa berkurang saat terjadi pembakaran kalori.

2. Makan teratur


Kadang banyak orang yang sudah asik dengan pekerjaan sehari-hari sampai melalaikan waktu makan, mereka menjadi tidak teratur dalam waktu makan. Sehingga pola makan sering berubah-rubah bahkan ada yang melewatkan waktu makan.

Padahal cara menjaga kesehatan dengan pola makan teratur itu sangat penting. Orang yang menderita penyakit mag sering disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Selain itu, menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga harus memenuhi standar nutrisi yang sehat dan lengkap.

Kurangi jenis menu makanan berat atau makanan berlemak dan hindari jenis makanan instan, karena banyak kandungan bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh baik jangka pendek maupun jangka panjang.

3. Menjaga porsi makan


Porsi makan yang berlebihan bukan akan menambah kesehatan tubuh tetapi justru dapat menimbulkan banyak penyakit. 

Jika porsi makan anda terlalu banyak maka resiko gemuk akan semakin tinggi. 

Orang yang gemuk akan lebih mudah terserang berbagai penyakit serta obesitas. 

Makanlah dengan porsi yang wajar.
Beberapa bahaya makan dengan porsi yang berlebihan diantaranya akan menimbulkan penyakit diabetes, 

mengalami gangguan fungsi pada sinyal insulin otak, pertumbuhan psikologis terhambat, kadar gula dapat meningkat lebih tinggi, tubuh banyak menghasilkan radikal bebas, serta akibat negatif lainnya.

4. Perbayak konsumsi air putih



Konsumsi air putih dalam keseharian juga sangat penting bagi tubuh, dalam sehari saat beraktifitas tubuh kita membutuhkan cairan.



Ginjal membutuhkan cairan ketika bekerja menyaring racun dan senyawa aktif untuk dikonversi menjadi zat yang berguna untuk tubuh kita. Ketika tubuh kurang cairan, kerja ginjal menjadi berat.


Tubuh mudah lelah dan tidak konsentrasi, untuk itulah cara menjaga kesehatan kita tidak boleh menyepelekan air putih. 

Minum kurang lebih 8 gelas atau minimal 1 liter setiap hari sesuai kebutuhan cairan dalam tubuh kita. 

Air putih juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami.


5. Konsumsi buah


Buah merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. 


Dimana vitamin dan mineral sendiri adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja dan berkembang dengan maksimal.



Anda bisa mendapatkan kedua zat tersebut dari beragam buah, seperti jeruk, jambu, apel, dan beragam buah lainnya.

6. Jaga kebersihan makanan



Semua makanan yang anda konsumsi harus dipastikan kebersihannya. Makanan seperti buah dan sayur cucilah terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsinya.



Jika memasak makanan, masaklah sampai matang yang sempurna. Makanan yang belum matang secara sempurna memiliki resiko masih mengandung bakteri yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.

7. Mengkonsumsi obat herbal (Alami) 


Jangan pernah menggunakan obat yang menggunakan bahan kimia buatan, lebih baik menggunakan metode tradisional atau obat herbal. Banyak sekali bahan alami yang berguna untuk menjaga kesehatan dan mengobati ketika kita dalam keadaan sakit.


Misalnya adalah madu, sari alami dari lebah ini memiliki 1000 manfaat untuk cara menjaga kesehatan tubuh sehari-hari. Minum 1 sendok madu setiap hari maka Anda akan merasakan khasiatnya, mulai dari khasiat untuk kesehatan pernafasan, anti kanker, menurunkan kolesterol dan manfaat lain.



Dengan minum madu secara rutin tubuh juga menjadi fit dan terhindar dari jenis-jenis virus yang sering menyerang kekebalan tubuh kita.


8. Sering berpuasa



Puasa telah lama dikenal oleh manusia dan menjadi bagian dari ibadah wajib pada agama tertentu. Namun ternyata puasa juga memiliki khasiat medis yang telah lama terbukti: detoksifikasi.


Puasa yang membatasi asupan makanan dan minuman dengan cara tidak mengonsumsi makanan dan minuman pada waktu tertentu ternyata memberikan kesempatan pada tubuh untuk bekerja optimal dan mengeluarkan toksin dari dalam tubuh dengan lebih efektif.



Ketika toksin dari dalam tubuh dikeluarkan secara berkala, maka tubuh kembali pada kondisinya yang bersih dan sehat, sehingga dapat berfungsi kembali dengan baik.

9. Hindari kebiasaan bergadang


Bagi yang melakukan banyak aktivitas di siang hari maka hindarilah begadang pada malam harinya. Begadang akan membuat kondisi tubuh menjadi kurang sehat karena angin malam todak bagus untuk tubuh. Akibat begadang malam dapat menyebabkan banyak penyakit pada tubuh kita seperti :
  • masalah berat badan
  • sistem kekebalan tubuh melemah
  • penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, sakit kepala, refleks lemah, mengurangi harapan hidup
  • dalam jangka panjang bisa terjadi kerusakan sel-sel saraf pada otak
Melihat banyaknya resiko yang dapat mengganggu kesehatan tubuh anda sebaiknya hindari begadang.


10. Istirahat cukup



Tubuh anda memerlukan istirahat setelah melakukan aktivitas seharian. Istirahatlah secara cukup dan berkualitas, karena istirahat yang cukup saja kurang jika untuk menjaga kesehatan tubuh jika istirahta anda tidak berkualitas.


Istirahat cukup yaitu 7 sampai 8 jam sehari. Istirahat yang berkualitas yaitu tanpa kita membawa beban dalam tidur kita. Usahakan dalam tidur pikiran kita dalam kondisi bebas tanpa beban sehingga bangun pagi akan fresh kembali.



0 Response to "10 Cara Menjaga Kesehatan"

Post a Comment

bila teman-teman kurang paham atau ada yg mau ditanyakan..
silahkan berkomentar disini yang menyangkut tentang blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel