6 Cara Cegah Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati.

6 Cara Cegah Stroke


Stroke menjadi penyebab kematian ketiga tertinggi di dunia dan di indonesia.Brett Kissela, dari University of Cincinnati College of Medicine, Ohio, Amerika serikat meneliti bahwa pengidap stroke meningkat di usia 20-54 tahun karena pola hidup yang buruk. Bagaimana cara Pencegahan nya ?

  • Olahraga





Olahraga terbukti membuat jantung lebih kuat sehingga mampu mengalirkan darah lebih optimal. Selain itu, olahraga bisa menurunkan tingkat kegemukan yang beresiko menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan lainnya. Aktifitas fisik yang ringan secara rutin akan mampu menurunkan resiko terjadinya stroke dan penyakit jantung.


  •  Konsumsi Makanan Sehat






Mulailah konsumsi makanan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi, misalnya oatmeal, sereal, buah, dan sayur. makanan yang mengandung serat yang tinggi, misalnya sereal gandum, dan biji chia, terus nya lagu makanan yang mengandung banyak  protein dan mineral seperti susu, telur dan lain lain sebagainya. Dan mulailah jauhi makanan mengandung lemak dan kolestrol yang tinggi atau berlebih.konsumsi buah dan sayuran lebih banyak setiap harinya untuk mendapatkan asupan betakaroten yang cukup.


  • Stop Smoking






Rokok merupakan produk yang berbahaya bagi kesehatan tentunya karena di dalam rokok terdapat bahan-bahan kimia yang berbahaya, zat-zat yang berbahaya yang terkandung dalam rokok antara lain: sianida, formalin, nikotin, dan lain-lain sebagainya. Bahaya merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit antara lain: Stoke, ginjal, serangan jantung, dan lain-lain sebagainya.

  • Kontrol Tekanan Darah






Ubah gaya hidup dengan mengontrol tekanan darah, meskipun tidak menimbulkan gejala yang mengganggu, namun hipertensi atau tekanan darah yang tinggi merupakan faktor resiko terjadinya penyakit stroke, serangan jantung, Jadi periksalah tekanan darah anda secara berkala. jika terdeteksi mengalami peningkatan, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.


  • Jauhi Alkohol






Bagi sebagian orang, alkohol dapat membantu  menghangatkan suhu tubuh dan biasanya mampu membersikan sesuatu pada luka, dan bisa digunakan untuk mamfaat lain-nya, tetapi tidak jika anda memakai atau menkonsumsi berlebihan selain beresiko stroke yang tingi, orang yang men konsumsi alkohol secara berlebihan akan mengalami kerusakan pada hati dalam jangka panjang.


  • Konsumsi potasium





Penelitian mengungkapkan, bahwa mengonsumsi makanan mengandung potasium setiap hari, akan mengurangi resiko stroke hingga 40%. kentang,alpokat, dan kedelai adalah makanan yang sehat yang kaya akan kandungan potasium.



  • kesimpulan 6 cara cegah stroke

  1. olahraga teratur
  2. konsumsi makanan sehat
  3. stop smoking
  4. kontrol tekanan darah
  5. jauhi alkohol
  6. konsumsi potasium.

0 Response to "6 Cara Cegah Stroke"

Post a Comment

bila teman-teman kurang paham atau ada yg mau ditanyakan..
silahkan berkomentar disini yang menyangkut tentang blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel