Pola Olahraga Ala Rasulullah

Olahraga adala suatu gerak tubuh yang dilakukan untuk tujuan agar badan atau tubuh kita menjadi fit,sehat,sehat mental,jiwa, dan rohani. olahraga sangat di anjurkan bagi siapa saja apalagi dalam agama islam seperti memanah,gulat,berenang,berkuda dan tujuan dari semua itu agar hidup manusia menjadi sejahtera.
 


Pola Olahraga Ala Rasulullah



       
Olahraga juga bisa di artikan suatu permainan atau gems yang bermacam-macam dan beda jenis olahraga juga beda mamfaat yang kita peroleh. jadi, semua itu menurut keinginan kita, misal kan kita ingin membentuk badan sicx pack olahraga yang bisa atau yang mudah dan cepat dalam hal pembentukan badan. dan semua itu tidak lah juga segampang yang sebagian orang pikirkan yang menganggap sepele dalam hal olahraga,
     
Dalam hal olahraga itu perlu kedisiplinan, aturan, jadwal atau time, kesabaran, dan kerja keras atau usaha.
   

 Berikut ini saya akan bahas tentang kedisiplinan, jadwal, kesabaran, dan usaha dalam hal olahraga :

  1. Kedisiplinan, disiplin dalam olahraga itu sangat perlu apalagi dalam latihan, apakah itu termasuk pemanasan, peregangan, cara atau teknik, apalagi disiplin peraturan lebih sangat  penting karna dalam hal olahraga itu ada peraturan nya dan peraturan itu juga di buat untuk tujuan kita bersama agar misalnya tidak mengalami cidera. contoh : "kalo kita baru pemula fitnes kita di sarankan memakai alat yg ringan2 dulu jangan langsung yang keras atau yang biasa di pakek oleh orang senior. semua itu ada tahap nya.
  2. Jadwal, jadwal juga sangat penting dalam hal olaraga, perlu diketahui olahraga yang sangat di  amjurkan itu ialah: habis shalat subuh sampai terbitnya matahari, jangan melakukan olahraga di waktu 12-2 jam lebih kurang, karna dalam waktu tersebut matahari memancarkan sinar nya yg full dan itu tidak baik bagi kesehatan, kecuali matahari pagi. dan istirahat juga diperlukan dalam olahraga, jangan memaksakan berolahraga karna bisa menyebabkan sakit bukan malah menambah sehat.   
  3. Kesabaran, kesabaran juga di perlukan dalam hal berolahraga karna kita semua pasti mempunyai tujuan dalam olahraga tersebut, misalkan kita kepengen mempunyai bada yang ideal atau sick pack, itu mungkin perlu waktu latihan minimal 1-6 bulan atau malah 1-2 th, itu tergantung dengan kondisi tubuh kita, karna semua manusia beda-beda kondisi tubuh. jangan pernah berpikir ingin berhenti sebelum keinginan atau tujuan anda tercapai. karna ada sebagian orang ada timbul dalam benak nya dia berolahraga atau latihan sehari-seminggu menurut dia tidak berubah apapun yg dialami badan nya akhirnya dia mulai tidak yakin dan malas berolahraga. akhirnya dia memilih jalan lain yang cepat misalnya: mengkonsumsi pil atau sejenisnya memang sebagian mampu mengubah badan menjadi cepat sick pack tapi, sekali lagi itu bukan lah yang alami dan tidak terlihat natural, dan fungsinya atau yang terjadi tidak lah sempurna seperti orang yang mempunyai badan sick pack karena berolahraga. dan mengkonsumsi obat sejenis pil atau sebagainya bisa menyebabkan berbagai efek yang terjadi pada si pemakai nya. misalnya : yang terjadi pada otot kita yaitu timbul otot sebelah lebih besar yang tidak pernah kejadian seperti biasanya. jadi, perlu di ingat atau ditanam dalam kepala di dunia ini tidak ada yang instan maka diperlukan yang namanya kesabaran dan kesabaran.
  4. Usaha atau kerja keras, sesuatu yang di inginkan di dunia ini perlu usaha doa dan kerja keras, tanpa itu akan sulit di dapati apapun yg anda inginkan. sama hal nya usaha dalam berolahraga usaha juga sangat diperlukan dalam olahraga karena tanpa usaha yang gigih maka semua yg kita impikan hanya sebatas impian bukan kenyataan. misalnya anda ingin menjadi pemain sepak bola yg ternama, ya ingin jadi pemain bola ternama makan dalam hal demikian kita perlu berusaha kerja keras dalam hal yg diperlukan dalam sepak bola kita harus mempersiap kan skiil, menta, fisik yang kuat. dan semua itu tidak akan didapat kan bila kita malas berusaha. maka usaha perlu di pikirkan dan dilakukan.
Dan dari pada semua itu olahraga mempunyai mamfaat tersendiri.  dan seperti yang kita ketahui alami beda dengan buatan alami akan bertahan lebih lama malah tidak terbatas, tidak sama dengan buatan, buatan itu ada batasan nya  dalam hal ilmu kimia juga di nyatakan seperti itu. Berikut ini adalah beberapa mamfaat berolahraga...

      Mamfaat Olahraga


  • Meningkat kan daya tahan tubuh, tidak mudah kena berbagai macam penyakit
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Melancarkan peredaran darah
  • Mengecangkan otot-otot yang kaku
  • Pembentukan badan secara sehat dan alami
  • Menyehatkan jantung
  • Membakar lemak
  • Dan lain-lain sebagainya

Berikut Ini Adalah Olahraga Yang Di Anjurkan Dalam Islam

 Antar Lain :


 1. Memanah



عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ يَقُولُ { وَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍ } أَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ أَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ أَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir berkata, “Saya pernah mendengar Rasulullah saw menyampaikan ketika beliau di atas mimbar: ‘(Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi) ‘ (Al Anfaal: 60), ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah.” (HR Muslim).



2. Berkuda




عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَابَقَ بِالْخَيْلِ الَّتِي قَدْ أُضْمِرَتْ مِنْ الْحَفْيَاءِ وَكَانَ أَمَدُهَا ثَنِيَّةَ الْوَدَاعِ وَسَابَقَ بَيْنَ الْخَيْلِ الَّتِي لَمْ تُضْمَرْ مِنْ الثَّنِيَّةِ إِلَى مَسْجِدِ بَنِي زُرَيْقٍ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ فِيمَنْ سَابَقَ بِهَا


Dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengadakan lomba pacuan kuda yang telah mengkabarkan kepada kamilah dilatih dari Haifa sampai ke Tsaniyatul Wada’, dankuda yang belum dilatih dari Tsaniyah hingga Masjid Bani zurai’. Dan Ibnu’Umar sendiri turut dalam perlombaan itu.” (HR Muslim).



3. Gulat





عَنْ عَلِيِّ بْنِ رُكَانَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رُكَانَةَ صَارَعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَرَعَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رُكَانَةُ

dari Ali bin Rukanah, bahwsannya ia berkata, “Rukanah pernah menggulat (membanting) Nabi saw, lalu Nabi saw ganti membanting rukanah. (HR Abu Dawud dan at-Tirmidzi)



0 Response to "Pola Olahraga Ala Rasulullah"

Post a Comment

bila teman-teman kurang paham atau ada yg mau ditanyakan..
silahkan berkomentar disini yang menyangkut tentang blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel